Mengapa Harus Bisnis Syariah?

ABUTHOYBAH.COM – Bismillah, insya allah artikel bertema Entrepreneur Syariah hadir dalam web abuthoybah.  Artikel pertama akan saya share, Mengapa Harus Bisnis Syariah?

Mengapa Harus Bisnis Syariah

Bisnis Syariah adalah bisnis yang sesuai dengan syariah Islam. Syariah yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah hukum syara’ yang memiliki definisi “Khithobu as-syari’i al mutha’aliqu bi af’ali al ibad” (seruan Allah sebagai pembuat hukum yang berkaitan dengan perbuatan hamba/manusia) (an-Nabhani, 2001).

Syariah juga sering digunakan untuk menyebutkan hukum Fiqih Islam.  Fiqih secara bahasa artinya al-fahmu (memahami).  Sedangkan secara istilah (terminologi) berarti ilmu tentang

hukum-hukum Islam praktis (‘amaliyah) yang digali dari dalil-dalilnya yang terperinci. Sumber-sumber hukum bagi seluruh hukum syariah adalah;

(1) al-Qur’an,
(2) as-Sunnah,
(3) Ijma’ Shahabat, dan
(4) Qiyas Syar’iyah.

Dalam pembahasan kita sebagai Entrepreneur Syariah ini, maka sharia (syariah) yang dimaksud adalah hukum-hukum fiqh yang berhubungan langsung dengan ekonomi bisnis (pengelolaan harta benda/tasharruf fi al maal) baik dalam skala mikro (praktik bisnis) maupun makro (kebijakan politik-ekonomi).

Sahabat Abu Thoybah, orang-orang mungkin akan bertanya kepada kita, mengapa bisnis itu harus sesuai syariah?

Maka jawablah dengan sangat meyakinkan kepada mereka 3 alasan berikut (tentu anda juga boleh menambahkan alasan lainnya);

Pertama, karena bisnis syariah adalah bisnis yang menjunjung tinggi hal-hal yang mulia dan mengedepankan kejujuran, keadilan, jauh dari perkara tipu muslihat dan kezaliman.

Ini adalah hal-hal universal yang diingkan oleh setiap manusia dalam kehidupannya. Dan syariah telah memberikan seperangkat aturan yang lengkap agar semua itu bisa direalisasikan.

Kedua, bagi seorang muslim bisnis sesuai syariah adalah kewajiban dari Allah SWT. Karena aktivitas bisnis merupakan ativitas perbuatan manusia yang terkait dengan pengelolaan terhadap harta benda yang berhubungan dengan manusia lainnya.

Sedangkan Allah SWT telah mewajibkan setiap muslim untuk selalu memperhatikan setiap perbuatannya tanpa terkecuali, termasuk di dalamnya aktivitas bisnis untuk dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Ini adalah wujud sekaligus konsekuensi dari keimanan seorang muslim, sebagaimana firman Allah SWT:  Hai orang-orang yang ber-iman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah [2]: 208)

Kemudian kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), Maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak Mengetahui.” (Al Jatsiyah: 18)

Jika orang-orang yang beriman tidak mau masuk kedalam Islam secara menyeluruh, maka sudah pasti ia akan mengikuti langkah-langkah syaitan pada bagian perbuatannya yang tidak ia masukkan ke dalam Islam, karena amalnya yang tidak disandarkan kepada syari’at Islam.

Kita semua pasti akan dimintai pertanggung-jawaban atas semua modal yang telah Allah berikan kepada kita jika kita lalai menggunakannya sesuai aturan main (syariah) yang telah Allah tetapkan.

Rasulullah SAW bersabda:  Dua telapak kaki manusia akan selalu tegak (dihadapan Allah), hingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang ilmunya untuk apa ia pergunakan, tentang hartanya dari mana ia peroleh dan untuk apa iabelanjakan, dan tentang tubuhnya untuk apa ia korbankan” (HR. Tirmidzi dari Abu Barzah ra.)

Jika seorang pebisnis tidak mengamalkan syariat di dalam aktivitas bisnisnya maka sudah pasti yang diamalkannya adalah hawa nafsu dan mengikuti langkah-langkah setan. Seorang Entrepreneur syariah adalah orang-orang yang menjadikan Islam sebagai celupan (sibghah) kehidupannya.

“Shibghah Allah. Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya dari pada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah.” (Al-Baqarah: 138)

Ketiga, dengan berbisnis sesuai syariah maka hati akan menjadi tenang, kesuksesanpun tidak sekedar karena faktor sunatullah bisnis saja seperti perencanaan yang benar, skill bisnis yang baik dan sebagainya, namun juga karena akan selalu mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Bisnis syariah adalah bisnis yang menjalankan ketakwaan, yaitu bisnis yang terikat dengan perintah dan larangan Allah SWT. Bisnis syariah adalah bisnis yang dijalankan oleh orang-orang yang bertakwa dan bertawakkal.

Mengapa Harus Bisnis Syariah?

Alhamdulillah, dipenghujung  artikel. “Mengapa Harus Bisnis Syariah? ”  yang dapat saya share kepada sahabat. Akan kita lanjutkan dengan

5 Janji Allah Yang Akan Membantu Pencapain Kesuksesan Hakiki Pelaku Bisnis Syariah.

Maka sahabatku, luar biasa beruntungnya bagi orang-orang yang bertakwa dan bertwakal kepada Allah ini, karena Allah memiliki 5 janji yang akan membantu pencapain kesuksesan hakiki mereka.

Sumber: Enterpreneur Syariah Knowladge & Tsaqofah

Incoming search terms:

phone wa bbm Invite Pin BBM kami : D72E24AC